Senin, 29 September 2014

Tes Prestasi perlu engga sih???

Memasuki minggu ketiga kuliah di semester 7, baru minggu ketiga tapi rasanya udah lama banget yaaa haha oke kali ini saya mendapat tugas dari Mata kuliah Konstruksi Tes yang biasa disingkat 'KonTes'. Nah kali ini, saya ditugaskan untuk membuat essay tentang 'Tes Prestasi Belajar'. Sekarang kita kenalan dulu yuk apa sih tes prestasi belajar itu....

Menurut beberapa ahli berpendapat tentang tes prestasi belajar :

  •    Benyamin S Bloom dalam(Azwar, 2003)

          Tes Prestasi Belajar adalah salah satu alat ukur hasil belajar yang dapat mencakup semua kawasan tujuan pendidikan. Ia membagi kawasan tujuan pendidikan mejadi tiga bagian, yaitu

    1. Kawasan kognitif
    2. Kawasan afektif
    3. Kawasan psikomotorik
  • Robert L. Ebel 1979 dalam (Azwar, 2003) menambahkan :  bahwa fungsi utama Tes Prestasi dikelas adalah mengukur prestasi belajar para siswa. 
  • Cronbach 1970 dalam (Azwar, 2003) menyatakan : Tes Prestasi Belajar disusun secara terencana untuk mengungkap apa yang oleh disebut sebagai performansi maksimal subjek (maximum performance).
Nah sekarang fungsi dari tes prestasi belajar ini apa yaa??

  1. Fungsi penempatan adalah penggunaan hasil tes prestasi belajar untuk klasifikasi individu kedalam bidang atau jurusan.
  2. Fungsi formatif adalah penggunaan tes prestasi belajar guna melihat sejauh mana kemampuan belajar yang telah dicapai oleh siswa dalam suatu program pendidikan.
  3. Fungsi diagnostik adalah penggunaan tes prestasi belajar untuk mendiagnosis kesukaran-kesukaran dalam belajar, mendeteksi kelemahan-kelemahan siswa yang dapat diperbaiki segera, dan semacamnya.
  4. Fungsi sumatif adalah penggunaan hasil tes prestasi belajar untuk memperoleh informasi mengenai penguasaan pelajaran yang telah direncanakan sebelumnya dalam suatu program pelajaran. Tes sumatif merupakan pengukuran akhir dalam suatu program dan hasilnya dipakai untuk menentukan apakah siswa dapat dinyatakan lulus dalam program pendidikan tersebut atau apakah siswa dinyatakan dapat melanjutkan ke jenjang program yang lebih tinggi.


    Dari penjelasan diatas kita bisa mengetahui tentang apa itu tes prestasi belajar dan fungsi dari tes prestasi belajar itu apa, sekarang kita balik ke pertanyaan tadi sebenernya 'penting engga sih atau perlu engga sih tes prestasi belajar itu ?' dan menurut saya tes prestasi belajar itu Penting dan perlu. Kenapa? karena dari tes itu kita dapat mengetahui hasil belajar dari seorang anak. Dari tes itu kita juga dapat mengetahui sudah sejauh mana tingkat pemahamannya. Dari tes itu juga kita tahu mana yang sudah ia kuasai mana yang belum, jadi kita bisa melatih dan lebih mengulas bagian-bagian yang dianggap masih kurang paham.
Sekian :)

Daning Pameiga Putriandra
1125115054


Tidak ada komentar:

Posting Komentar